W Hotel & Intel Present: Modern/Love

Oh my God, Robert Schwartzman makin ganteng aja *mimisan*pingsan*

Sejak nonton Princess Diaries 1, gue udah cinta mati sama pacarnya Princess Mia, kakaknya sohib Mia, Michael ini..

tumblr_mclhs6o5EL1rua9wco1_400

Sayangnya abis itu, dia nggak pernah nongol lagi di film manapun. Pernah baca dikit, Robert ini masih clan Coppolla dan lebih seneng main musik dibanding akting…

Jadi pas tiba-tiba nemu Short Movies persembahan Intel Ultrabook dan W Hotel di mana salah satu judulnya ada Mas Robert ini, langsung panas dingin.

Intel Ultrabook dan W Hotel berkolaborasi untuk bikin short movies, tentunya yang meng-highlights produk mereka. PIC yang ditunjuk adalah Roman Copolla alias Om nya Robert Schwartzman. Roman Copolla pun ngajak temen-temennya yang tergabung di The Directors Bureau untuk bikin 4 film pendek under umbrella “FOUR STORIES”

Penjelasan lengkap bisa diintip di http://www.intel.com/content/www/au/en/ultrabook/experience/fourstories.html

Gue belum sempet ceki-ceki 3 judul lainnya, tapi MODERN/LOVE yang dibintangi sama si ganteng ini – kalau meminjam istilah Mbak Syahrini – sangatlah cetar membahana…sungguh di luar dugaan..it’s sweet, modern, stylish yet make my heart warm and feel connected with the characters. Kadang kalau nonton film yang terlalu stylish, visualnya bagus tapi suka nggak connect ama characternya…

Robert Schwartzman  udah ganteng, aktingnya pas banget. Plus soundtrack yang dia nyanyiin pas banget buat mengisi mood filmnya.

Ditambah skenario, penyutradaraan dan visual nya kuat banget.  Tanpa perlu terganggu kalau sebenarnya ini adalah film “jualan” laptop dan hotel mewah. Sesuatu yang kadang susah diterapkan di sebuah project yang jelas-jelas didanai oleh satu – bahkan  dua brands seperti ini.

Dari keterangan resminya, Modern/Love  adalah…

“Two 20-somethings take the next step in their long-distance cyber romance: meeting in person for the first time during an exotic vacation in Doha. Will their tech-enabled feelings hold true in real life?”

Why it was chosen:

“Loved its warmth in dealing with contemporary ideas in regards to relationships and the internet. In contrast to the others, it had a more narrative approach that I thought was very well done.” — Roman Coppola

Ata kalau kata Oscar dan Harper, dua tokoh utamanya, It’s how a boy and a girl falling in love through a modern electronic love letter….

Temanya terasa biasa buat kita yang hidup sehari-hari dengan facebook, twitter, chatting di mana banyak sekali dari kita kena cinlok digital….dari chatting turun ke hati…

Yang luar biasa adalah skenario nya bisa details menangkap our insecurity untuk “copy darat” pertama kali dengan “gebetan digital”. Kita pengen keliatan sempurna, terbaik, nggak mau bikin kecewa. Kita exciting, deg-degan, penasaran tapi juga takut dan stress, kita pengen kabur tapi juga pengen ketemu….Tapi nggak cheesy, overrated ataupun boring karena acting dan directing yang kuat.

Dan pas kita menikmati film ini selama 9.40 detik, we see ourselves there… we smile, we laugh and toward the end, we want to scream..ayoooo…ketemuaaann..kalian cocok lho!!

And I am sold…I wanna try the laptop and stay at W Hotel Doha!

Baru-baru ini, gue diminta bantuan sama kantor  untuk supervisi sebuah brands software ternama yang mau build in di FTV. Jadi kasus nya mirip-mirip sama Intel Ultrabook dan W Hotel ini, tapi mereka bikin sendiri filmnya dan bukan build in dari program TV yang sudah ada.

Hasilnya, build in FTV ini  bener-bener hard sell. Fitur-fiturnya dijelaskan gamblang baik visual maupun dialog. Di Modern/Love semua lebih halus, blended di cerita. Kenapa di Indonesia, nggak bisa bikin pendekatan iklan seperti yang dilakukan di Modern/Love?

Karena di Indonesia, campaign iklan yang biasa dilakukan adalah tactical campaign, yang tujuannya biasanya berorientasi ke peningkatan sales. Bukan emotional campaign, yang bertujuan untuk memperkenalkan/memperkuat brand image dari product mereka.

Intel dan W Hotel di sini nggak “menjual” ultrabook ama hotelnya doang, tapi mereka ngejual kalau Intel Ultrabook dan W Hotel adalah “citra kaum urban, modern dan tech-savvy”. Calling for all hipster, this is your computer dan your hotel yo!!

Untuk menerangkan tentang spek dan teknis dari Intel Ultrabook maupun W Hotel, mereka memakai channel  media lain; bisa print ads, brosur, web site dll. Jadi khusus untuk film pendek ini, mereka jualan image saja.

Untuk membuat sebuah film pendek dengan sponsorship model Four Stories ini, tampaknya masih akan jarang dan hasilnya belum tentu juga maksimal di Indonesia.

Karena nggak cuman client yang harus kompromi untuk nggak “jualan terang-terangan” di media ini, para filmmaker pun harus bener-bener memahami konsumen dan objective dari campaign sang client. Nggak cuman client yang mehanan ego, sang pembuat film pun harus menahan ego nya juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s